Minggu, 29 April 2012

ijin operasional sekolah


I.         P E N D A H U L U A N
A.       Latar Belakang
Pendidikan dasar 9 tahun sudah pasti dan harus mutlak dituntaskan.  Tak ada tawar-menawar lagi dalam hal ini jika kita ingin mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera.  Pendidikanlah kuncinya !!!.  Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam mempersiapkan dan membina umat menjadi insan yang bertaqwa, cerdas, dan trampil sehingga berguna bagi agama dan masyarakat.  Dengan sumberdaya manusia yang unggul dan berakhlakul karimah maka pengelolaan sunberdaya alam untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, Insya ALLAH dapat segera terwujud.
Di era globalisasi sekarang, dimana berbagai bentuk nilai moral, sosial, budaya darimanapun datangnya mengalir deras ke negara kita, bahkan sampai ke desa terpencil sekalipun.  Sungguh, jika tidak dicermati secara bijaksana dan diantisipasi sejak dini akan dapat menggerus nilai-nilai Islami dan ke-Indonesia-an.  Kami peduli dan berkomitmen kuat untuk mendidik generasi muda dengan model pendidikan yang sesuai dengan agama, budaya, dan karakteristik/kompetensi daerah.
Kp. Rancabali merupakan wilayah Desa Kertaangsana Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi yang mempunyai angka siswa putus/tidak sekolah cukup tinggi.  M E N G A P A ??!  Hanya ada 2 alasan untuk menjawab ini, yaitu kesadaran/kebutuhan terhadap pendidikan yang masih rendah dan faktor ekonomi/kemiskinan.  SD terdekat berada di Kp. Kebontengah yaitu SD Negeri Ciangsana yang berjarak ± 1,5 km (ongkos transport Rp. 6.000/org pp atau berjalan kaki ± 1,5 Jam) dan SD  Negeri Pasirsalam yang berjarak ± 1,5 km (ongkos transport Rp. 6.000/org pp atau berjalan kaki ± 1,5 Jam).  Sungguh berat bagi masyarakat sekitar, yang 95% petani, menyekolahkan anaknya walaupun tidak dipungut iuran biaya, namun ongkos transport, uang saku anak dan berbagai kebutuhan sekolah lainnya sungguh membebani.   Oleh karena itu, kami, masyarakat Kp. Rancabali yang bernaung dibawah Yayasan Kurnia Alam berpikir dan bekerja keras agar anak-anak harus bisa sekolah dengan biaya yang seringan-ringannya.  Kami tidak ingin kampung kami dicap miskin, tertinggal dan terbelakang.  Tidaklah mungkin kami hanya berpangku tangan meratapi nasib dan menunggu uluran perhatian Pemerintah saja.  TIDAK!  Kami harus bangkit dengan tangan kami sendiri.  Kami ingin masyarakat  kami  cerdas,  pandai,  berdaya, dan sejahtera. 
Untuk itu, Kami telah menyelenggarakan SDIT Darussalam sejak Juli 2011 sampai sekarang dengan tidak memungut biaya kepada orangtua siswa 1 rupiahpun.  Tetapi, tentu saja, kami sadar sesadar-sadarnya bahwa manusia adalah mahkluk sosial yang saling membutuhkan, wajib saling tolong-menolong dalam melakukan kebajikan.  Kami membutuhkan bantuan, bimbingan, dan pengawasan menyeluruh dari Pemerintah, dalam hal ini, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan agar SD yang kami rintis dapat berjalan dengan baik, berkualitas dan mencapai harapan kita semua.
Upaya ini, Alhamdulillah, telah didukung oleh Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Pemerintah setempat, bukan hanya di Kp. Rancabali, tetapi juga kampung-kampung sekitarnya, yaitu Kp. Rancaoray, Kp. Ciangsana, Kp. Rancabuluh, Kp. Ciseupan Kp. Langkob dan Kp. Pasirgede.

B.       Tujuan
1.    Tujuan Pendirian SDIT Darussalam
a.    Membantu mewujudkan program Pemerintah untuk menuntaskan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun.
b.    Membina dan menghasilkan sumberdaya manusia yang bertaqwa, cerdas, dan trampil (mencerdaskan pikiran dan memberantas kemiskinan).
c.    Meringankan biaya pendidikan yang ditanggung oleh orangtua murid.
d.   Meringankan beban siswa yang semula sekolahnya jauh menjadi lebih dekat.

2.    Tujuan Pengajuan Proposal
Adapun tujuan dari pengajuan proposal ini adalah agar SDIT Darussalama mendapatkan ijin operasional dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.


II.      PROFIL SD ISLAM TERPADU DARUSSALAM
A.   IDENTITAS SEKOLAH
Nama                                      : SD Islam Terpadu Darussalam
Nomor Statistik                      : -
Propinsi                                   : Jawa Barat
Otonomi Daerah                     : Sukabumi
Kecamatan                              : Nyalindung
Desa                                        : Kertaangsana
Alamat                                    : Jln. Sagaranten KM 22
Kode Pos                                : 43196
No Telp                                   : (0266) 480320
Email                                       : sdit.darussalam@yahoo.com
Status                                      : Swasta
Surat Keputusan                     : -
Tahun Berdiri                          : 18 Juli 2011
Sistem KBM                           : Full Day School
Jarak Ke Kecamatan               : 2 Km
Organisasi Penyelenggara       : Yayaysan Kurnia Alam

B.     STUKTUR ORGANISASI SDIT DARUSSALAM
Kepala Sekolah                       : Berlin Brawijaya, S.Pd.I
Wakasek Pengajaran               : Agung Roja’i, S.Pd
Wakasek Sarana Prasarana     : Ginanjar
Wakasek Keuangan                : Andri Sopian, A.Ma
Kepala Tata Usaha                  : Abdul Kohar Azazi
Wali Kelas I                            : Novi Octaviani
Bimbingan dan Penyuluhan    : Hikmat Farjansyah, S.HI
Pengajar                                  : Siti Mardiah Ulfah
  Mira Kusmiran, S.Pd.I
       Ir. Arif Rahman
  Neneng Yani, S.Pd
  Febri
  Dede Sasmita
  Indra
  Sulaeman
Kepala Bidang Humas            : Iwan Kusmawan
Seksi Kebersihan                     : Ustad Ejen

C.     VISI, MISI SEKOLAH DAN TUJUAN SEKOLAH
1.      Visi
Menjadi sekolah dasar islam yang berkualitas dengan menggabungkan iptek dan imtaq sehingga menghasilkan manusia yang berakhlak mulia, cerdas, terampil dan estetis, terdepan dalam prestasi dan inovasi.

2.      Misi
·      Menyiapkan generasi yang unggul di bidang iptek dan imtak
·      Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama sehingga terbangun insan yang cerdas, cendikia, berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia.
·      Membentuk sumber daya manusia yang aktif, kreatif, inovatif dan berprestasi sesuai dengan perkembangan zaman.
·      Membangun citra sekolah sebagai mitra terpercaya di masyarakat.
·      Melaksanakan pembelajaran yang efektif
·      Menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam kegiatan belajar siswa untuk mendukung pengembangan potensi peserta didik agar berkembang secara optimal.
·      Memberikan jaminan pelayanan yang prima dalam berbagai hal untuk mendukung proses belajar dan bekerja yang harmonis dan selaras.
3.      Tujuan Sekolah
a.    Memberikan pengetahuan dasar berupa keterampilan akademik dan umum kepada
peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.
b.    Memperkenalkan pengetahuan dasar berupa keterampilan vokasional/kecakapan vokasional untuk mandiri menghidupi diri sendiri.
c.    Membentuk pribadi yang berbudi pekerti.
d.   Membentuk pribadi yang beriman dan bertaqwa kepada ALLAH SWT.
e.    Memotivasi peserta didik untuk belajar mengenal dan menerapkan kemajuan teknologi.

D. DATA  SISWA SATU TAHUN PERTAMA.

Tahun Pelajaran
Jumlah Pendaftar (Sis.Baru)
Kelas I
Kelas II
Kelas III
Kelas IV
Kelas V
Kelas VI
Jumlah Kelas
I s/d VI
Jml Siswa
Jml Rbl.
Jml Siswa
Jml Rbl.
Jml Siswa
Jml Rbl.
Jml Siswa
Jml Rbl.
Jml Siswa
Jml Rbl.
Jml Siswa
Jml Rbl.
Jml Siswa
Jml Rbl.
2011/2012
16
16
1
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
16
1


































































E. DATA GEDUNG DAN BANGUNAN

Gedung dan Bangunan
Jumlah Ruang
Jumlah Gedung dan Bangunan berdasarkan Kondisi *)
Baik
R. Ringan
R. Berat
R. Total
Ruang Kelas (asli)
-
-
-
-
-
Ruang Kelas (Pinjam)
1
1
-
-
1
Ruang Perpustakaan
-
-
-
-
-
Ruang Lainnya
-
-
-
-
-
Jumlah Ruang Seluruh
-
-
-
-
-
           

F. DATA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN BERDASARKAN TUGAS
    MENGAJAR
Guru dan Ketenagaan
Jabatan Guru
Jumlah Guru + KS
Gr Kelas
Gr Agama
Gr. OR
Gr Mulok
L
P
L
P
L
P
L
P
L
P
L + P
KS / Guru Tetap
(PNS/GT Yayasan)
-
1
-
1
1
-
-
1
1
3
4
Guru Tidak Tetap/GBS
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Staf TU
L = 1
P = 0


1




G. PENCIPTAAN SUASANA YANG KONDUSIF
1.         Pengadaan Musholla dan perlengkapannya
2.         Mengalokasikan waktu pembelajaran Budi Pekerti secara utuh
3.         Mengalokasikan waktu sholat Zuhur berjamaah
4.         Pembiasaan pengucapan doa pada awal pelajaran dan akhir jam sekolah
5.         Pembiasaan pengucapan salam stiap bertemu dengan teman, guru, orang tua dan tamu sekolah.
6.         Mengadakan Jum’at bersih setiap akhir bulan

H. KERJASAMA DENGAN KELUARGA DAN MASYARAKAT
1.         Mendatangkan nara sumber dalam kegiatan hari keagamaan
2.         Mengundang orangtua/wali murid dalam kegiatan hari besar agama.
3.         Mengundang tokoh masyarakat serta tokoh agama di lingkungan sekolah dalam perayaan hari besar agama.
4.         Melakukan koordinasi dengan Komite Sekolah dalam penyusunan langkah pelaksanaan program pengintegrasian
5.         Ceramah Agama
6.         Budi Pekerti dan IMTAQ

I. PROGRAM JANGKA MENENGAH :
1.         Jangka Waktu : 812 tahun, menjadikan Sekolah berstandar Nasional
2.         Sarana dan prasarana terus menerus dilengkapi untuk semua komponen termasuk sarana informasi dan publikasi melalui Faximile, E-mail dan internet
3.         Pembelajaran berbasis media, memulai penerapan bilingual, bahasa asing dan tetap melaksanakan Muatan lokal wajib serta Buku paket permanen yang dipijam oleh siswa
4.         Sistem komputerisasi dalam administrasi dan keuangan serta manajemen sekolah dengan formulasi databese yang dapat diakses langsung oleh masyarakat melalui internet
5.         Tanaga edukatif seluruhnya S.1, dan sebagian sedang melanjutkan S.2, berprestasi dan berstandar nasional.
6.         Peningkatan profesionalitas guru dan manajemen sekolah melalui pelatihan, seminar, workshop, education expo tingkat nasional, magang, kunjungan atau studi banding ke sekolah unggulan di kota-kota besar, minimal sekali dalam 2 tahun

J. PROGRAM JANGKA PENDEK :
1.         Jangka waktu ; 0 – 6 tahun, menjadikan Prestasi Sekolah tingkat provinsi
2.         Menambah dan melengkapi sarana dan prasarana secara bertahap termasuk sarana pendukung dengan skala prioritas dan kemanfaatan yang disesuaikan dengan kondisi
3.         Pembelajaran mengarah dan memanfaatkan media audio visual serta lingkungan termasuk adanya tambahan pembelajaran komputer dan internet termasuk pengadaan perangkatnya
4.         Pengelolaan administrasi dan manajemen sekolah dengan sistim komputerisasi termasuk menyiapkan perangkat dan SDM dengan kegiatan pelatihan komputer
5.         Kwalifikasi kependidikan Guru 75% S1dan sisanya sedang melanjutkan study S.1, adanya guru khusus komputer
6.         Peningkatan profesi Guru dan manajemen sekolah dengan pelatihan, kursus, seminar, workshop tingkat provinsi dan sekali waktu studi banding.
7.         Prestasi siswa bidang akademik maupun Non Akademik secara bertahap, konsisten dan berturut-turut di tingkat provinsi, termasuk mewakili daerah ke tingkat nasional

K. PROGRAM DAN KEGIATAN TAHUNAN :
1.         Menetapkan dan mempersiapkan perangkat Penerimaan Siswa Baru, sosialisasi dan publikasi termasuk menetapkan panitia khusus dengan Surat Keputusan
2.         Melaksanakan Penerimaan Siswa Baru, menetapkan siswa dalam pembagian kelas sampai pada penyusunan dan laporan kegiatan kepada Komite
3.         Menetapkan Pembagian Tugas Pokok maupun Tugas tambahan untuk Guru dan Karyawan, membentuk tim pembina prestasi, Pembina Eksul, Ismuba dengan Surat Keputusan
4.         Melengkapi sarana Pembelajaran, penataan kelas termasuk perangkat administrasi, yang diperlukan baik oleh guru maupun wali kelas termasuk Tata usaha / administrasi
5.         Menyusun struktur Kurikulum, menetapkan alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran sesuai tingkat kelas serta jadwal pelajaran dan buku pegangan pokok siswa
6.         Mengadakan pertemuan dengan orang tua murid sebagai laporan pertanggungjawaban KBM maupun kegiatan lainnya, sekurang-kurangnya 2 kali dalam setahun
7.         Mengadakan Rapat Kordinasi dengan Komite Sekolah untuk menyusun Rencana Anggaran Penerimaan dan Belanja Sekolah ( RAPBS )
8.         Melakukan supervisi pelaksanaan pembelajaran kepada semua guru termasuk melaksanakan pembinaan guru dalam keislaman dan KBM
9.         Menetapkan dan mempersiapkan siswa dalam lomba; Ke-islaman, Porjar, Porseni, aktivitas dan kreativitas, Mata pelajaran maupun olimpiade IPA – Matematika
10.     Melaksanakan ulangan bersama semester ganjil / genap, Ujian Akhir Sekolah dan menyusun laporan akhir tahun untuk disampaikan kepada dinas pendidikan dan majlis
11.     Mengadakan kegiatan peringatan hari besar Nasional, Hari Besar Islam, pesantren Ramadhan, Kegiatan Idul Qurban dan santunan sosial
12.     Mengadakan Rapat Kenaikan kelas dan Rapat Kelulusan termasuk melaksanakan kegiatan tutup tahun pelajaran, pembagian Raport dan penyerahan Ijazah, termasuk PSB ke SMP

III.   KURIKULUM
A.       Kurikulum/program kegiatan belajar mengajar menggunakan kurikulum yang berlaku secara nasional (Kurikulum Berbasis Kompetensi/Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 yang telah disahkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) dan kurikulum/program kegiatan pembelajaran muatan lokal/kedaerahan.  Kurikulum inti mengacu pada DEPDIKNAS RI yang berlaku pada SD Negeri. 
Mata Pelajaran yang Diajarkan di SDIT Darussalam Tahun Pelajaran 2011 / 2012

1.

Pendidikan Agama Islam

2.

Pendidikan Kewarganegaraan

3.

Bahasa Indonesia

4.

Matematika

5.

Ilmu Pengetahuan Alam

6.

Ilmu Pengetahuan Sosial

7.

Seni Buday adan Keteramapilan

8.

Pendidikan Jasmanai, olahraga dan Kesahatan

9.

Muatan Lokal

a.

Bahasa Inggris

b.

Bahasa Arab

c.

Bahasa Sunda

d.

Teknologi Informasi dan Telekomunikasi

e.

Tahfidzul Qur’an

f.

Tilawah (metode ABTS) / Tahsin

g.

Circle Time

h.

Bimbingan Konseling

 

 


B.     Kegiatan pembelajaran siswa berupa PEMBIASAAN telah dilakukan di SDIT Darussalam sejak pertama sekali sekolah ini dibuka, yaitu :
1.    Upacara bendera tiap hari Senin pukul 07.00 – 07.30 WIB
2.    Membaca do’a sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran secara bersama-sama
3.    Sholat zhuhur berjama’ah setiap hari pukul 11.45 – 12.00 WIB
               
                                                                                                                 
Kegiatan kurikulum dan pengembangan/eksplorasi kurikulum SDIT Darussalamdilakukan terus-menerus, kontinyu, sistematis, bertahap dan teratur dengan tetap mengacu pada ketentuan, aturan dan pedoman yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dan Departemen Pendidikan Nasional RI.  Penerapan kurikulum di SDIT Darussalam tetap mengacu pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK 2006) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006, tentu dengan tetap memperhatikan keadaan dan kemampuan/kompetensi perangkat lunak (software/brainware) maupun perangkat keras (hardware) yang dimiliki sekolah.
1.   Mempelajari, mendalami dan berusaha menerapkan dengan sebaik-baiknya berbagai Pedoman/Panduan Kurikulum 2006 yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional RI, antara lain yaitu :
1.1.       Pedoman Manajemen Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi
1.2.       Pedoman Umum Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi Siswa SD
1.3.       Pedoman Pembelajaran Tuntas
1.4.       Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar
1.5.       Pedoman Merancang Sumber Belajar
1.6.       Pedoman Supervisi Pengajaran
1.7.       Pedoman Umum Pengembangan Sistem Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kompetensi Siswa SD
1.8.       Pedoman Pengolahan Data untuk Pelaporan Hasil Belajar, dan pedoman lainnya.
1.9.       Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
1.10.   Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
1.11.   Permendiknas No. 24 Tahun 2006
1.12.   Model Silabus Mata Pelajaran 2006 dari BSNP
1.13.   Model RPP 2006 dari BSNP
2.       Merencanakan dan menyusun Program Pembelajaran : membuat Program Tahunan,        4 Tahunan dan 8 Tahunan, Program Semester, Satuan Pelajaran dan Rencana Pengajaran dengan tetap mengacu pada Standar KBK 2004.
3.       Melaksanakan Program : melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai rencana..
4.       Megadakan analisa : analisa hasil ulangan, analisa dan pengembangan soal-soal
5.       Perbaikan dan Pengayaan : mengulas ulang materi yang belum dikuasai, ulangan perbaikan/remidi baik klasikal maupun perorangan, siswa yang berhasil diberi pengayaan
6.       Laporan Kemajuan : memberitahukan kepada orangtua siswa tentang nilai/prestasi ulangan, dan penyampaian raport


IV.   SUMBER PEMBIAYAAN SDIT DARUSSALAM
Untuk mewujudkan Sekolah Dasar Islam Terpadu dengan nama SDIT Darussalam, maka masalah pembiayaan merupakan persyaratan utama untuk mendapatkan perhatian dari Yayasan Kurnia Alam yang pada dasarnya biaya tersebut merupakan jantung dari kemajuan dari suatu Lembaga Pendidikan. Seperti yang dilakukan oleh Lembaga Pendidikan lainnya maka salah satu sumber untuk pembiayaan tersebut dananya diperoleh melalui berbagai sumber sebagai berikut:
1.      Dana dari Yayasan Kurnia Alam
2.      Partisipasi wali murid dan masyarakat sekitar
3.      Bantuan dari pemerintah (Kementerian Pendidikan Nasional)
4.      Bantuan dari pemerintah daerah (Provinsi Kepulauan Riau, Kota Batam)
5.      Lembaga Pemerhati Pendidikan dan pihak swasta yang tidak mengikat.
Sumber sumber dana ini akan berkesinambungan selama lima tahun dan seterusnya. Dari berbagai sumber pendanaan tersebut akan digunakan untuk biaya operasional pendidikan dan pengembangan pendidikan



V.      PENUTUP
Dengan segalaa apa seperti yang telah kami uraiakan di atas, maka dengan adanya pengajuan proposal ini kami berharap agar dinas pendidika Kabupaten Sukabumi sudi kiranya memberikan ijin operasional bagi sdit darussalam ini. Sebab, tanpa adanya perhatian dan bantuan dari pihak pemerintah SDIT Darussalam tidak mungkin bisa berjalan dengan lancar.
Akhir kata kami sampaikan terima kasih atas segala perhatian yang diberikan dan mohon maaf atas segala kekurangan.

Kertaangsana, 19 Maret 2012
Kepala sekolah SDIT Darussalam




Berlin Brawijaya, S.Pd.I



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar